Pengertian Keadilan
Keadilan menurut Aristoteles adalah kelayakan dalam tindakan manusia. Kelayakan diartikan sebagai titik tengah diantara ke dua ujung ekstrem yang terlalu banyak dan terlalu sedikit. Kedua ujung ekstrem itu menyangkut dua orang atau benda. Bila kedua orang tersebut mempunyai kesamaan dalam ukuran yang telah ditetapkan, maka masing-masing orang harus memperoleh benda atau hasil yang sama. kalau tidak sama, maka masing-masing orang akan menerima bagian yang tidak sama, sedangkan pelanggaran tcrhadap proporsi terscbut berarti ketidak adilan.
Keadilan oleh Plato diproyeksikan pada diri manusia schingga yang dikatakan adil adalah orang yang mengendalikan difi, dan perasaannya dikendalikan oleh akal.
Lain lagi pendapat Socrates yang mcmproyeksikan keadilan pada pemerintahan. Menurut Socrates, keadilan tercipta bilamana warga negara sudah merasakan bahwa pihak pemerintah sudah melaksanakan tugasnya dengan balk. Mengapa diproycksikan pada pemerintah, scbab pemerintah adalah pimpinan pokok yang menentukan dinamika inasyarakat.
Kong Hu Cu berpendapat lain : Kcadilan terjadi apabila anak sebagai anak, bila ayah sebagai ayah, bila raja sebagai raja, masing-masing telah mclaksanakan kcwajibannya. Pcndapat ini terbatas pada nilai-nilai tertentu yang sudah diyakini atau discpakati.

Menurut pendapat yang lebih umum dikatakan bahwa keadilan itu adalah pengakuan dan perlakuan yang seimbang antara hak dan kewajiban. Keadilan terletak pada keharmonisan menuntut hak dan menjalankan kewajiban. Atau dengan kata lain, keadilan adalah keadaan bila setiap orang memperoleh apa yang menjadi haknya dan setiap orang memperoleh bagian yang sama dan kekayaan bersama.


Studi Kasus
           Kasus Minah Terulang di Jawa Tengah  
Rabu, 25 November 2009 | 15:20 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta - Empat warga di Batang, Jawa Tengah, ditahan polisi karena mengambil kapuk sisa panen di area perkebunan PT Segayung. Mereka adalah Manisih, 27 tahun, Sri Suratmi 19 tahun, Juwono 16 tahun dan anaknya sendiri Rusnoto 14 tahun.
“Saya hanya mengambil sisa kapuk yang sebelumnya sudah dipanen,” kata Manisih lirih di ruang Kepala Kemanan Lembaga Pemasyarakatan Kabupaten Batang, Rabu (25/11). Janda beranak dua itu pucat saat duduk bersama para tersangka lain.

Manisih dan tiga kerabatnya itu sudah ditahan selama 24 hari. Ia mengaku, pada 2 November sekitar pukul 08.30 WIB bersama kerabat dan anaknya mengambil kapuk dari sejumlah pohon di area perkebunan milik PT Segayung.

Mereka kemudian digelandang ke markas kepolisian Resor Batang beserta barang bukti 14 kilogram buah kapuk dan sejumlah peralatan memetik. Sebagai warga miskin, Manisih pasrah terhadap penahanan itu, Ia tak kuasa menolak ketika dikirim ke lembaga pemasyarakat Batang pada 12 November lalu.

Manisih mengaku terpaksa mengambil kapuk di perkebunan dekat kampungya karena terdorong oleh rengekan anak bungsu yang minta uang saku. “Anak saya mogok sekolah karena tak memiliki uang saku, makanya saya mengambil kapuk” kata dia.
Efendi 62 tahun, padagang kapuk yang telah membeli kapuk dari perkebunan PT Segayung ini mengaku terpaksa melaporkan Manisih ke kantor polisi. Alasannya, banyak kasus pencurian kapuk yang ia beli secara ijon. “Bukti yang dibawa polisi itu yang ketahuan, mungkin lebih banyak lagi,” ujar Efendi kepada Tempo.

Wakil Kepala Kepolisian Resort Batang, Komisaris Besar Polisi Sungkono Santoso menyatakan, para tersangka ditahan karena ada aduan. “Apa lagi mereka tertangkap tangan sedang mencuri,” kata Sungkono.
Kasus ini mengingatkan kita pada Minah, 65 tahun, yang divonis 1.5 tahun di Purwokerto. Minah menjadi terdakwa setelah mengambil tiga buah kakau.
Solusinya : Di Indonesia sering sekali terjadi ketidakadilan dalam bidang hukum.Rakyat miskin yang hanya mengambil sisa-sisa kapuk, Aparat hokum sangat bersemangat menangani kasus maling kapuk tersebut. Padahal yang mereka lakukan adalah hanya mengambil sisa-sisa kapuk yang sudah tidak terpakai lagi. Yang maling kapuk itu di tindak pidana selama 1,5 tahun padahal kasus nya tidak sebanding dengan kasus KORUPSI DI INDONESIA.Semahal apa seh harga SAMPAH KAPUK ????? Sampai-sampai mereka mendapat hukuman yang begitu berat. Sebanyak apa seh KORUPTOR DI INDONESIA ?????Tampaknya dalam hal kasus korupsi aparat hukum hanya santai-santai saja dan banyak sekali keringanan-keringanan yang diberikan. Seperti penjara mewah para penguasa yang korupsi. Apakah itu yang disebut dengan PENJARA ??Kamar mewah, fasilitas yang teramat sangat memadai dan tersedia makanan yang Lezat. Seharusnya pemerintah dan aparat penegak hokum segeralah bercermin untuk perubahan yang lebih di negeri ini. Bagaimana sebuah Negara akan baik jika terdapat pemimpin yang baik..Nabi Muhammad adalah suri tauladan sebagai khalifah yang bijaksana dan selalu mengedepankan kepentingan rakyat. Para aparat Negara bisa belajar bagaimana cara menjadi pemimpin yang baik dengan mempelajari Suri Tauladan kekhalifahan Nabi Muhammad. Untuk menciptakan keadilan diperlukan juga moral setiap individu di Indonesia. 
             http://www.tempointeraktif.com/hg/nusa/2009/11/25/brk,20091125-210407,id.html
Posted by Nurhadi Prabowo

0 comments:

Visit the Site
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger template by blog forum.