Pemerintah Republik Indonesia akan berupaya meningkatkan hak paten batik sebagai budaya Indonesia. Saat ini baru Unesco yang mengakui batik Indonesia sebagai Representative List Intangible Cultural Heritage. Salah satu upaya pemerintah adalah dengan menetapkan tanggal 2 Oktober Hari Batik Nasional. "Kedepannya pemerintah juga akan mempertahankan dan meningkatkan hak paten batik sebagai budaya Indonesia," kata Agung saat seminar Internasional Dinamika Pengembangan Batik Indonesia dan Pamaeran Batik Ikon Budaya Bangsa di Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Indonesia (UI), Depok, Rabu (5/10).

Dituturkan Agung, batik merupakan unsur budaya asli bangsa Indonesia. Untuk itu, sambung dia, budaya membatik perlu ditingkatkan. Tidak hanya pejabat dilingkungan pemerintah pusat yang menggunakan batik melainkan seluruh masyarakat Indonesia. "Nantinya, metode membatik juga perlu dipatenkan. Jadi, tidak hanya budaya batiknya saja yang dipatenkan," kata dia lagi.

Dalam kesempatan tersebut, Agung juga berkesempatan melihat-lihat koleksi batik yang dipamerkan. Seminar Internasional Dinamika Pengembangan Batik Indonesia dan Pamaeran Batik Ikon Budaya Bangsa yang digelar selama dua hari. Sub tema hari pertama yaitu Batik Indonesia dan Kebudayan, sedangkan hari selanjutnya adalah Batik Indonesia sebagai salah satu unsur ekonomi kreatif dan perspektif masa depan.

Secara terpisah, Kepala Kantor Komunikasi UI Vishnu Juwono mengatakan, seminar tersebut dapat mendorong batik Indonesia sebagai salah satu unsur ekonomi kreatif. "Kegiatan seminar dan pameran batik ini merupakan kerjasama FIB UI, Kementrian Perindustrian, Kemenbudpar, Kemendag, Kemendiknas, dan Yayasan Batik Indonesia," kata Vishnu.

Menurut dia, kepedulian akan budaya batik perlu ditingkatkan. Untuk itu, lanjut Vishnu, nantinya akan dibangun pusat pengkajian dan pengembangan batik Indonesia. Pasalnya, selama ini pengembangan batik terpusat di Yogyakarta. "FIB UI juga akan membangun pusat pengkajian dan pengembangan batik Indonesia. Karena selama ini kan Pusat pengembangan desain dan motif batik Indonesia di Balai Besar Kerajinan dan Batik baru ada di Yogyakarta," katanya. 


Sumber dari Buku ilmu sosial dasar 
Posted by Nurhadi Prabowo

0 comments:

Visit the Site
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger template by blog forum.